21 Desember 2010

Sudahkah Menjadi Seoarang Mahasiswa....

Dalam sebuah bangsa, kaum muda atau pun Mahasiswa adalah aset yang tak ternilai harga nya.Bahkan Kemajuan sebuah bangsa saat tergantuntung kepada kemampuan kaum muda/mahasiswa untukmembuat perubahan-perubahan yang signifikan.yang sebagai mana di sebutkan oleh Ortega G. Yasset, Pemuda adalah AGENT OF CHANGE, Agen perubah yang dipundaknya di bebani harapan-harapan bangsa.

Dan untuk saat ini ataupun zaman sekarang, mungkin mahasiswa banyak yang tidak tau tentang arti dari mahasiswa. berbicara hari ini mungkin mahasiswa yang banyak saya lihat lihat akhir-akhir ini hanya berbicara tentang bersenang-senang(hedonis).banyak lah contoh dari kawan-kawan kita di sekitar kita. mungkin itu salah satu mental dr mahasiswa indonesia. ya memang sebuah PR besar yang harus kita kerjakan, bagai mana mental mahasiswa di indonesia bisa sadar akan arti dari mahasiswa yang notabennya kita adalah kaum akademis tertinggi.
Oleh karena itu saya menulis artikel ini untuk mengajak kawan-kawan mahasiswa pada umumnya ntuk merubah sedikit pola fikir kita untuk menjadi mahasiswa yang sadar akan TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI. 

Mungkin kawan-kawan mahasiswa pernah mendengar tentang TRI DHARMA PERGURUAN TINGGi, mungkin saya akan sedikit membahas ataupun sedikit menyebutkan Tri dharma perguruan tinggi, tri Dharma perguruan tinggi adalah salah satu dasar tanggung jawab mahasiswa. Definisi/isi dari tri dharma perguruna tinggi adalah:

1. pendidikan
pendidikan adalah sauatu tanggung jawab besar dari kaum akademisi, Pendidikan ini dalam artian kita sebagai mahasiswa/ kaum akademis tertinggi harus mempunyai nilai lebih dari pendidikan itu sendiri, bahwasanya itu adalah keilmuan dalam diri kita sendiri.dan Pengertian pendidikan dan pengajaran disini adalah dalam rangka menerusakan pengetahuan atau dengan kata lain dalam rangka transfer of knowledge ilmu pengetahuan yang telah dikembangkan melaui penelitian oleh mahasiswa di pergurun tinggi.Dalam pendidikan tinggi dinegara kita dikenal dengan istialh strata, mulai dari strata satu(S-1) yaitu merupakan pendidikan program sarjana,strata dua(S-2) merupakan program magisterdan strata tiga (S-3) yaitu pendidikan doktor dalam suatu disiplin ilmu,serta pendidikan jalur vokasional/non gelar(diploma).
2. Penelitian dan pengembangan

Kegiatan penelitain dan pengembangan mempunyai peranan yang sangat penting dalam rangka kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tnapa penelitain,maka pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akan menjadi terhambat. Penelitian ini tidaklah berdiri sendiri, akan tetapi harus dilihat keterkaitannya dalam pembangunan dalam arti luas.artinya penelitain tidak semata-mata hanya untuk hal yang diperlukan atau langsung dapat digunakan oleh masyarakat pada saat itu saja,akan tetapi harus dilihat dengan proyeksi kemasa depan. Dengasn kata lain penelitian dipergurun tinggi tidak hanya diarahkan untuk penelitian terapan saja,tetapi juga sekaligus melaksanakn penelitian ilmu-ilmu dasar yang manfaatnya baru terasa penting artinya jauh dimasa yang akan datang.

3.Pengabdian Pada Masyarakat
pengabdian pada masyarakat harus diartiakan dalam rangka penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah dikembangkan di perguruan tinggi, khususnya sebagi hasil dari berbagai penelitian.Pengabdian pada masyarakat merupakan serangkaian aktivitas dalam rangka kontribusi perguruan tinggi terhadap masyarakat yang bersiafat kongkrit dan langsung dirasakn manfaatnya dalam waktu yang relatif pendek. Aktivitas ini dapat dilakukan atas inisiatif individu atau kelompok anggota sivitas akademika perguruan tinggi terhadap masyarakat maupun terhadap inisiatif perguruan tinggi yang bersangkutan yang bersifat nonprofit(Tidak mencari keuntungan). Dengan aktivitas ini diharapkan adanya umpan balik dari masyarakat ke perguruan tinggi,yang selanjutnya dapat digunakn sebagai bahan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi lebih lanjut.Dan Mahasiswa adalah kontrol sosial pada masyarakat.dan salah satu tugas mahasiwa adalah kontol sosial pada masyarakat.
Jelas bahwa mahasiswa mempunyai tugas/tanggung jawab menjalani poin-poin dari tri dharma perguruan tinggi.mungkin kalau pendidikan kita dapat dari kampus begitu juga halnya sama dengan penelitian, kita membiat Skripsi atau pun penelitian ilmiah (PI). tapi bagai mana dengan poin yang ke tiga???yaitu pengabdian pada masyarakat….

Berbicara pengabdian pada masyarakat tidak terlepas dari kita yang bahwasaanya kita adalah mahasiswa yang tugas dan fungsinya adalah kontrol sosial pd masyarakat. para founding father kita sudah banyk berkorban untuk kita dan masyarakat indonesia pada khususny,apa kah kita hanya bisa mengikut dari bagian sejarah yang telah dibuat oleh founding father kita???,kita sebagai mahasiswa harus membuat sejarah baru, sejarah yang bisa di banggakan dirikita dan semua orang banyak.itu HARGA MATI.
dan berbicara mahasiswa hari ini mungkin banyak yang mempunyai karakter berbeda-beda.ada yang kupu-kupu (kuliah pulang,kuliah pulang) ada pula Kunang-kunang(kuliah nagring, kuliah nagkring).dan ada beberapa karaketer mahasiswa yang hanya fokus di akademis saja, juga yang hedonis saja,dan ada juga mahasiswa yang aktivis saja.IDEALNYA Mahasiswa adalah harus Mengelaborasikan antara smua karakter itu dan menjalankan tridharma perguruan tinggi.
mungkin ini sedikit dari ungkapan dari fikiran saya tentang MAHASISWA SAAT INI…..

HIDUP MAHASISWA…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar